Spesifikasi Bahan (Cotton Fleece)

Cotton fleece merupakan jenis yang paling terkenal dari jenis fleece yang lainnya karena memiliki teksture paling lembut. Karena kelembutannya, tak dapat dipungkiri kalau kain jenis ini sangat nyaman untuk digunakan. Selain itu warna yang dimiliki biasanya lebih terang dengan serat bulu yang lebih ringan. Cotton fleece bersifat hidrofobik sehingga bahan ini tidak baik dalam menyerap air. Kain jenis ini hanya mampu menyerap air sebesar 1% dari total beratnya. Pori-pori dari kain jenis cotton fleece ini mudah menguapkan air sehingga mudah kering saat terkena keringat. Karena sifatnya yang tidak suka air dan juga tekstur kain yang berpori, jenis kain ini cenderung lebih mudah untuk dikeringkan ketika pencucian.

Kain fleece juga dikenal sebagai kain ramah lingkungan karena dapat diproduksi dari limbah daur ulang (recycled waste), contohnya plastik bekas. Seperti kebanyakan kain tekstil yang dijual dipasaran, kain fleece juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan tersendiri yang membedakannya dengan bahan kain tekstil lain.

Berikut adalah kelebihan kain fleece:

  1. Kain fleece dapat bekerja dengan baik sebagai insulator tubuh meski dalam kondisi basah.
  2. Lebih cepat kering.
  3. Kain fleece memiliki kemampuan breathability yang cukup baik sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada saat digunakan.
  4. Bahan fleece cenderung bersifat elastis.
  5. Harga kain fleece umumnya relatif murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat